Pengembangan Media Jembatan Jarak untuk menentukan
peluang pada siswa kelas VII SMPN 3 Tempilang
Nama : Hesti Rosita
Kelas : PMTK 4A
NIM : 180341009
Mata
Kuliah : Penulisan Karya Ilmiah
Dosen
Pengampu : Rajab Vebrian, M.Pd.
BAB I
PENDAHULUAN
1. 1. Latar
Belakang
Matematika
merupakan kata yang diambil dari bahasa latin "mathemata" yang
mempunyai arti "sesuatu yang dipelajari". Dalam bahasa Belanda,
matematika dikenal dengan sebutan "wiskunde" yang mempunyai arti
"ilmu pasti". Boleh dikatakan secara umum matematika merupakan sebuah
ilmu pasti yang berkaitan dengan penalaran. Matematika menjadi salah satu ilmu
yang mendasari kehidupan manusia. Sejak ditemukannya, matematika selalu
berkembang secara dinamis seiring dengan perkembangan zaman. Perkembangan ilmu
matematika ini tidak pernah berhenti karena matematika sangat dibutuhkan dalam
berbagai aspek kehidupan manusia untuk mendapatkan kehidupan yang lebih sempurna.
Karena sebegitu pentingnya matematika dalam segala aspek kehidupan manusia,
sebelum kita mempelajari secara detail tentang matematika, kita harus
mengetahui terlebih dahulu ,matematika berdasar pendapat ahli maupun matematika
dilihat dari sisi kurikulum yang menjadi acuan setiap anak didik dalam
mempelajari matematika.
Adapun
media yang dipilih untuk dikembangkan dalam menentukan peluang yaitu Jembatan
jarak yang akan membantu siswa agar lebih mudah mencari peluang. Hitung peluang mula-mula dikenal pada abad
ke-17 yang bermula dari permainan sebuah dadu yang dilempar. Peluang
(kemungkinan, probability) dari permukaan
dadu yang tampak ketika dilempar, diamati dan dihitung, perhitungan sejenis ini
berkembang cukup pesat menjadi teori peluang yang banyak pemakaiannya dalam
kehidupan sehari-hari.Namun sekarang saya mencoba menentukan peluang melalui
jembatan jarak karena dalam berpergian kita sering mempertanyakan apakah
terjadi hujan hari ini. Dalam berdagang kita selalu berfikir tentang
kemungkinan untuk mengambil keuntungan. Masih banyak contoh lagi yang berkaitan
dengan peluang.